Sabtu, 09 Mei 2009

Seputar PlasTik(Pelatihan Jurnalistik)

Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Departemen pers Islam dan IT Lembaga Dakwah Kampus Majelis Kajian Mahasiswa Islam (LDK-MKMI) ternyata menarik minat mahasiswa. Terbukti, peserta yang hadir cukup banyak yang terdiri dari mahasiswa di berbagai fakultas di universitas trunojoyo tidak hanya anggota LDK MKMI.
Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 06 Maret 2009 ini hari pertama acara diadakan di Ruang Kuliah Bersama (RKB) UNIJOYO yang nya salah satu materinya adalah ”Pengantar Jurnalistik” yang disampaikan oleh Tatik dari salah satu televisi lokal Jawa Timur, JTV. Sedangkan pemateri ”Teknik Penulisan Berita” yang disampaikan oleh Bapak Ali Hisyam S.Ag. Selaku dosen UNIJOYO yang tulisan-tulisannya sering dimuat di media cetak.
Hari kedua pelatihan jurnalistik diawali dengan materi tentang ”Teknik Investigasi” yang disampaikan oleh mas Oyong dari Radar Madura dimana materi tersebut mengantar para peserta untuk terjun langsung ke lapangan mencari berita. Selesai penyampaian materi, peserta pun di sebar ke titik-titik sesuai dengan kelompok dan tema yang diberikan oleh panitia, untuk tema ”Kenaikan Harga BBM” di daerah pasar Bangkalan,”Sosialisasi Pemilu” di daerah Telang dan kantor KPU Bangkalan,dan untuk tema ”Fatwa MUI tentang haramnya Rokok dan Golput” di daerah Mesjid Agung Bangkalan dan kantor MUI Bangkalan, bahkan peserta bertemu langsung dengan ketua MUI Kabupaten Bangkalan. Setelah peserta mendapatkan informasi sesuai dengan tema, panitia memberi waktu kurang lebih 1 minggu untuk membuat tulisan hasil investigasinya dalam bentuk buletin.
Setelah pengumpulan buletin dilakukan oleh peserta, pada tanggal 20 maret 2009, peserta dikumpulkan kembali untuk melakukan evaluasi terhadap buletin yang mereka buat. Sebelum evaluasi dilakukan, terlebih dahulu peserta diberikan gambaran seputar buletin sekaligus melakukan evaluasi terhadap buletin yang sudah dibuat oleh peserta. Materi ini disampaikan oleh Moh.Soleh, salah seorang mahasiswa FH Unijoyo yang banyak berkecimpung di dunia jurnalistik mahasiswa.
Puncak dari pelatihan jurnalistik ini adalah kunjungan ke Jawa Pos Surabaya pada tanggal 03 April 2009. kedatangan rombongan peserta dan panitia pelatihan jurnalistik disambut hangat oleh pihak Jawa Pos dengan menyediakan forum untuk memberikan pangetahuan tentang dunia jurnalistik khususnya proses produksi yang dilakukan oleh Jawa Pos selama ini. Mbak Irawati selaku sekretaris Redaktur Jawa Pos memaparkan tentang bagaimana proses pembuatan berita yang dilaksanakan oleh Jawa Pos para peserta pun sangat antusias dan menayakan tentang banyak hal terkait dengan materi yang pernah disampaikan dalam pelatihan, setelah rombongan diajak ke ruang redaksi yang kemudian diakhiri dengan pemberian cindera mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar